NUANSA ILMU

Situs yang bernuansa ilmu untuk semua informasi tentang pendidikan olahraga, kesehatan, sosial, bisnis, pariwisata, serta teknologi

Nuansa ilmu. Diberdayakan oleh Blogger.

ONE STOP INFO

Custom Search
TKamis, Desember 31, 2015

Penyakit ENDEMIK

PENYAKIT ENDEMIK

A. Penyebaran Penyakit

Wabah adalah istilah umum untuk menyebut kejadian tersebarnya penyakit pada daerah yang luas dan pada banyak orang, juga untuk menyebut penyakit yang menyebar itu. Wabah dipelajari dalam epidemiologi. Kata epidemi berasal dari bahasa yunani yaitu epi yang berarti pada dan demos yang berarti rakyat. Jadi, epidemi adalah wabah yang terjadi secara lebih cepat daripada yang diduga.
            Lalu ada juga istilah pandemi. Pandemi adalah keadaan di mana suatu masalah kesehatan (umumnya penyakit), frekuensinya dalam waktu singkat meningkat tinggi dan penyebarannya telah mencakup wilayah yang luas. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), suatu pandemi dikatakan terjadi bila ketiga syarat berikut telah telah terpenuhi:

Timbulnya penyakit yang bersangkutan merupakan suatu hal baru pada populasi bersangkutan,
Agen penyebab penyakit menginfeksi manusia dan menyebabkan sakit serius,
Agen penyebab penyakit menyebar dengan mudah dan berkelanjutan pada manusia.
            Jadi penyebaran suatu wabah penyakit dapat terbatas pada lingkup kecil tertentu yang disebut serangan penyakit, lingkup yang lebih luas disebut epidemi atau bahkan lingkup global disebut pandemi. Penyakit yang umum terjadi pada laju yang konstan namun cukup tinggi pada suatu populasi disebut sebagai endemik.


B. Penyakit Endemik
            Kata endemik berasal dari bahasa yunani yaitu en yang berarti di dalam dan demos yang berarti rakyat. Jadi suatu masalah penyakit dikatakan sebagai endemik pada suatu populasi tersebut tanpa adanya pengaruh dari luar. Suatu infeksi penyakit dikatakan sebagai endemik bila setiap orang yang terinfeksi penyakit tersebut menularkannya kepada tepat satu orang lain (secara rata-rata).
Berikut adalah contoh penyakit endemik di beberapa daerah di Indonesia, yaitu:

1. Demam Berdarah Dengue (DBD)
            Apa itu penyakit demam berdarah dengue (DBD)? Penyakit demam berdarah dengue adalah penyakit akut akibat infeksi virus dengue pada manusia. Infeksi virus ini dibawa oleh nyamuk yang dikenal dengan sebutan Aedes Aegypti serta Aedes Albopictus betina. Orang yang berisiko terkena demam berdarah adalah orang yang tinggal di daerah pinggiran dan kumuh, orang yang tinggal di lingkungan yang lembab, serta anak-anak berusia di bawah 15 tahun.
            Penyebaran penyakit ini adalah melalui gigitan nyamuk Aedes betina yang sebelumnya telah membawa virus dalam tubuhnya dari penderita demam berdarah. Virus memasuki tubuh manusia melalui gigitan nyamuk ini yang menembus kulit. Setelah itu disusul oleh periode tenang selama kurang lebih 4 hari, saat itu virus melakukan replikasi secara cepat dalam tubuh manusia. Apabila jumlah virus sudah cukup maka virus akan memasuki sirkulasi darah dan pada saat ini manusia yang terinfeksi akan mengalami gejala panas.

a. Gejala
            Gejala seseorang terkena demam berdarah adalah demam tinggi (38-40oC) yang berlangsung 2 sampai 7 hari. Kepala akan terasa sangat sakit, terdapat bintik-bintik merah pada kulit akibat pecahnya pembuluh darah, pendarahan pada hidung dan gusi, mudah timbul memar pada kulit. Gejala yang lainnya biasanya ditandai dengan rasa sakit pada perut, mual, muntah, jatuhnya tekanan darah, pucat, rasa dingin yang tinggi terkadang disertai pendarahan dalam.

b. Pencegahan
            pencegahan demam beerdarah dapat dilakukan dengan memberantas jentik-jentik nyamuk demam berdarah dengan cara melakukan PSN (pembersihan sarang nyamuk). Berikut upaya/cara mudah untuk mencegah demam berdarah, yaitu:
Bersihkan dan kuras tempat penyimpanan air seperti bak mandi,drum, dan lain-lain  minimal seminggu sekali
Tutuplah rapat-rapat tempat penampungan air
Kubur atau buanglah barang-barang bekas pada tempatnya
Tutuplah lubang-lubang pagar pada pagar bambu dengan tanah atau adukan semen
Lipatlah pakaian/kain yang bergantungan dalam kamar agar nyamuk tidak hinggap
Untuk tempat-tempat air yang tidak mungkin atau sulit dikuras,taburkan serbuk ABATE ke dalam genangan air tersebut.

Cara untuk memberantas nyamuk demam berdarah, yaitu:
Penyemprotan dengan menggunakan zat kimia
Pengasapan dengan insektisida (fogging)
Memasukkan ikan cupang ke dalam tempayan
Memutus daur hidup nyamuk dengan menggunakan ovitrap

c. Penanggulangan
            Jika telah didiagnosis dan telah ditetapkan bahwa penderita terinfeksi virus dengue maka penderita harus segera diberi pengobatan, dengan cara:
Untuk mengatasi demam dapat diberikan parasetamol, selama demam mencapai 39 oC paling banyak 6 dosis dalam 24 jam.
Untuk mengganti cairan yang hilang, untuk pertolongan pertama dapat diberi oralit atau jus buah-buahan
Antibiotik dapat diberikan apabila terjadi infeksi sekunder
Oksigen dapat diberikan pada saat penderita syok atau pingsan
Transfusi darah diberikan apabila penderita mengalami pendarahan yang signifikan.
2. Malaria
                Malaria adalah penyakit yang menyerang manusia, burung, kera dan primata lainnya, hewan melata dan hewan pengerat, yang disebabkan oleh infeksi protozoa dari genus plasmodium dan mudah dikenali dari gejala meriang (panas dingin menggigil) serta demam berkepanjangan.

a. Daur Hidup Malaria
                penyakit malaria ada 4 jenis, dan masing-masing disebabkan oleh spesies parasit yang berbeda-beda, yaitu:

Malaria tertiana, disebabkan oleh plasmodium vivax, penderita merasakan demam yang muncul setiap hari ketiga.
Malaria quartana, disebabkan oleh plasmodium malariae, penderita merasakan demam setiap hari keempat.
Malaria serebral, disebabkan oleh plasmodium falciparum, penderita mengalami demam tidak teratur dengan disertai gejala terserangnya bagian otak, bahkan memasuki fase koma dan kematian yang mendadak
Malaria pernisiosa, disebabkan oleh plasmodium vivax, gejala dapat timbul sangat mendadak, mirip stroke, koma disertai gejala malaria yang berat.
                Infeksi malaria pada manusia terjadi bila nyamuk anopheles betina menggigit manusia dan nyamuk akan melepaskan parasit-parasit ke dalam pembuluh darah, sebagian besar dalam waktu 45 menit akan menuju ke hati dan sebagian kecil sisanya akan mati di darah. Parasit akan berkembang di dalam hati yang akan merubah bentuk dan menyebar di seluruh pembuluh darah, dan pada plasmodium vivax dan ovale akan menjadi bentuk yang dapat bertahan bertahun-tahun yang memungkinkan terjadinya malaria berulang.

b. Gejala
                Tanda dan gejala penyakit malaria pada umumnya biasanya masa tunas atau inkubasi penyakit ini dapat terjadi selama beberapa hari sampai beberapa bulan yang kemudian barulah muncul tanda dan gejala yang dikeluhkan oleh penderita seperti demam, menggigil, linu atau nyeri persendian, kadang sampai muntah, tampak pucat, hati serta limpa membesar, air kencing tampak keruh atau pekat karena mengandung hemoglobin (Hemoglobinuria), terasa geli pada kulit dan mengalami kekejangan.
                Namun demikian, tanda yang ditampakkan adalah adanya perasaan tiba-tiba kedinginan yang diikuti dengan kekakuan dan kemudian munculnya demam dan banyak berkeringat setelah 4-6 jam kemudian, hal ini berlangsung tiap dua hari.

c. Pencegahan
                Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit malaria, sebagai berikut:

Pembersihan sarang nyamuk (PSN)
Pemberian obat chloroquine bila mengunjungi daerah endemik malaria
Berusaha menghindarkan diri dari gigitan nyamuk
d. Penanggulangan
                Upaya penanggulangan dilakukan dengan pencarian penderita, yaitu dengan mass fever survey (pemeriksaan massal penderita demam) dilanjutkan pengobatan massal, penyuluhan, pemberantasan vektor malaria, yaitu nyamuk Anopheles sp., serta peningkatan peran serta aktif masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, lintas sektor dan dunia usaha.
                Tujuan penanggulangan malaria dengan cara pengobatan adalah untuk menyembuhkan penderita, mencegah kematian, mengurangi kesakitan, mencegah komplikasi, serta mengurangi kerugian sosial ekonomi akibat malaria.

3. Demam Tifoid
                Demam tifoid atau lebih dikenal dengan nama tifus dapat ditemukan pada semua umur, tetapi yang paling sering pada anak usia 5-9 tahun. Cara penularannya dapat disingkat 3F, yaitu Feces (kotoran manusia), Fly (lalat), Food (makanan).
                Demam tifoid diakibatkan infeksi oleh bakteri Salmonella typhi yang memasuki tubuh penderita melalui saluran pencernaan. Cara penyebarannya melalui muntahan, urin, dan kotoran dari penderita yang kemudian secara pasif terbawa oleh lalat (kaki-kaki lalat).

a. Gejala
                Gejala timbul secara bertahap dalam waktu 8-14 hari setelah terinfeksi. Gejala bisa berupa:
Demam yang biasanya tinggi (39-40oC)
Sakit kepal
Lemah dan lelah
Sakit tenggorokan
Nyeri perut
Diare terutama anak-anak atau konstipasi (sembelit) terutama pada orang dewasa
Memasuki minggu ke-2, pada penderita bisa timbul bercak kecil kemerahan di bagian bawah dada atau bagian atas perut, yang biasanya hilang dalam 3-4 hari.
b. Pencegahan
                Usaha pencegahan demam tifoid dapat dibagi menjadi:

1.       Usaha terhadap lingkungan hidup, yang meliputi:
Penyediaan air minum yang memenuhi syarat
Pembuangan kotoran manusia yang higienis
Pemberantasan lalat
Pengawasan terhadap rumah makan dan penjual makanan.

2.       Usaha terhadap manusia, yang meliputi:
Imunisasi KOTIPA (perlu diulang setiap 5 tahun)
Menemukan dan mengawasi orang pembawa (karier) demam tifoid
Pendidikan kesehatan terhadap masyarakat
                Untuk mencegah penyebaran bakteri dari penderita atau orang yang baru sembuh dari demam tifoid dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut:
Mencuci tangan sesering mungkin dengan benar, terutama sebelum makan dan setelah menggunakan toilet. Gunakan air hangat, gosokkan sabun minimal 30 detik sebelum dibilas
Bersihkan peralatan rumah tangga setiap hari minimal sekali sehari dengan cairan pembersih dan tisu atau kain sekali pakai.
Hindari menyiapkan makanan dan minuman untuk orang lain sampai dokter menyatakan benar-benar sembuh.
Gunakan barang pribadi secara terpisah. Beberapa barang perlu direndam terlebih dahulu dalam cairan diesinfektan.
c. Penanggulangan
                orang yang terkena demam tifoid harus dilakukan perawatan dan pengobatan. Perawatan dan pengobatan terhadap penderita bertujuan menghentikan invasi kuman, memperpendek perjalanan penyakit, mencegah terjadinya komplikasi, serta mencegah agar tak kambuh kembali.

4. Chikungunya
                Chikungunya berasal dari bahasa Shawill berdasarkan gejala pada penderita, yang berarti (posisi tubuh) meliuk atau melengkung, mengacu pada postur penderita yang membungkuk akibat nyeri sendi hebat (arthralgia). Nyeri sendi ini terjadi pada lutut pergelangan kaki serta persendian tangan dan kaki.
                Demam chikungunya disebabkan oleh virus chikungunya (CHIKV). CHIKV termasuk keluarga Togaviridae, Genus alphavirus. Penyakit chikungunya hampir sama dengan demam berdarah, karena penyebarannya adalah nyamuk yang sama, yakni nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus.
                Penyakit chikungunya tidak mematikan. Masa inkubasi penyakit ini mencapai 2-4 hari. Sementara manifestasinya 3-10 hari.
a. Gejala
                Gejala utama terkena penyakit chikungunya, yaitu:
Demam tinggi mencapai 39oC
Linu di persendian, timbulnya rasa pegal-pegal, ngilu, timbul rasa sakit pada tulang-tulang
Badan menggigil kedinginan
Sakit ruam pada kaki, tangan, dan badan
Kurang selera makan
Sakit kepala
Mata merah
Sedikit fotofobia
Badan lemas dan disertai muntah-muntah.
b. Pencegahan
                Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mencegah penyakit chikungunya, yaitu:

Upaya pencegahan chikungunya dapat dilakukan dengan memberantas sarang nyamuk melalui gerakan “3M” yaitu, menguras dan menutup wadah air, serta mengubur sampah yang dapat menimbulkan genangan air walaupun sedikit.
Penaburan larvasida (bubuk abate) ditempat penyimpanan ar secara teratur setiap minggu atau pemeliharaan ikan pemakan jentik di kolam-kolam juga dapat dilakukan untuk menekan perkembangbiakan nyamuk penular.
Tidur menggunakan kelambu. Memakai baju berlengan panjang terutama ketika berada di luar rumah pada sore hari untuk menghindari gigitan nyamuk aedes, serta penggunaan gel anti nyamuk juga cukup efektif mencegah gigitan nyamuk.
Memasang kawat kasa pada tiap ventilasi jendela.
Bersihkan halaman atau kebun di sekitar rumah dari benda-benda yang memungkinkan menampung air bersih, terutama pada musim hujan.
Pintu dan jendela rumah sebaiknya dibuka setiap hari, mulai pagi hari sampai sore hari, agar udara segar dan sinar matahari dapat masuk.
Pengasapan dengan insektisida.
c. Penanggulangan
                Apabila kita menemukan kasus chikungunya yang harus dilakukan adalah hal berikut ini:
·         Segera laporkan ke Puskesmas atau Dinas Kesehatan setempat
·         Hindari penderita dari gigitan nyamuk seperti tidur memakai kelambu agar tidak menyebarkan ke orang lain
·         Anjurkan penderita untuk beristirahat selama fase akut
·         Pada keadaan kejadian luar biasa (KLB) perlu dilakukan penyemprotan atau pengasapan
·         Lakukan pemeriksaan jentik di rumah dan sekitar rumah.

5. Kaki Gajah (Filariasis)
                Penyakit kaki gajah termasuk penyakit menular yang disebabkan oleh cacing filaria yang ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk. Cacing penyebab penyakit filariasis dapat bertahan hidup selama 4-6 tahun dalam kelenjar getah bening. Filariasis disebabkan oleh 3 jenis cacing filaria, yaitu: Wuchereria bancrofti, Brugia malayi, dan Brugia tintori.
                Penyakit ini ditularkan melalui nyamuk yang menghisap darah seseorang yang telah tertular sebelumnya. Darah yang terinfeksi dan mengandung larva akan ditularkan ke orang lain pada saat nyamuk yang terinfeksi menggigit atau menghisap darah orang tersebut. Tidak seperti malaria dan demam berdarah, filariasis dapat ditularkan oleh 23 spesies nyamuk dari genus Anopheles, Culex, Mansonia, Aedes, dan Armigeres. Karena itulah, filariasis dapat menular dengan sangat cepat.

a. Gejala
                Adapun gejala akut yang dapat terjadi adalah, sebagai berikut:
Demam berulang-ulang selama 3-5 hari, demam dapat hilang bila istirahat dan muncul lagi setelah bekerja berat
Radang saluran kelenjar getah bening yang terasa panas dan sakit yang menjalar dari pangkal kaki atau pangkal lengan ke arah ujung.
Pembengkakan kelenjar getah bening (tanpa ada luka) di daerah lipatan paha, ketiak yang tampak kemerahan, panas, dan sakit.
Filarial abses akibat seringnya menderita pembengkakan kelenjar getah bening, dapat pecah dan mengeluarkan nanah serta darah.
Pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas.
b. Pencegahan
                Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah serangan penyakit kaki gajah, seperti berikut ini:
1.       Menghindari gigitan nyamuk dengan cara sebagai berikut:
Berusaha menghindarkan diri dari gigitan nyamuk vektor dengan cara menggunakan kelambu sewaktu tidur
Menutup lubang angin (ventilasi) rumah dengan kasa nyamuk
Menggunakan obat nyamuk semprot atau bakar
Mengoleskan kulit dengan obat anti nyamuk
2.     Pemberantasan nyamuk di wilayah masing-masing sangatlah penting untuk memutus mata rantai penularan penyakit ini. Cara yang dapat dilakukan untuk memberantas nyamuk, yaitu:
Membersihkan tempat-tempat perindukan nyamuk
Menyemprot untuk membunuh nyamuk dewasa
Membersihkan semak-semak di sekitar rumah
Memberantas jentik-jentik nyamuk pada bak air di rumah
Membersihkan pekarangan dan lingkungan di sekitar rumah.
3.       Mengikuti program pengobatan masal filariasis yang dilaksanakan di puskesmas
4.       Memeriksakan diri ke puskesmas bila keluarga atau tetangga terkena filariasis.

c. Penanggulangan
                Penanggulangan penyakit filariasis adalam dengan melakukan penanganan dini terhadap penderita penyakit kaki gajah yaitu dengan membasmi parasit atau larva yang berkembang dalam tubuh penderita, sehingga tingkat penularan dapat ditekan dan dikurangi.
                Dietilkarbamasin (DEC) adalah satu-satunya obat filariasis yang ampuh, baik untuk filariasis bancrofti maupun malayi, bersifat makrofilarisidal dan mikrofilarisidal. Obat ini tergolong  murah, aman, dan tidak ada resistensi obat.

6. Tuberkulosis (TBC)
                Tuberkulosis (TBC atau TB) adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberkulosis, Mycobacterium bovis, atau Mycobacterium africanum.
                Penyakit TBC biasanya menular melalui udara yang tercemar oleh bakteri Mycobacterium tuberkulosis, yang dilepaskan pada saat penderita TBC batuk.

a. Gejala
                Gejala sistemik/umum adalah sebagai berikut:
Demam tidak terlalu tinggi yang berlangsung lama, biasanya dirasakan malam hari disertai keringat malam. Kadang-kadang serangan demam seperti influenza dan bersifat hilang timbul
Penurunan nafsu makan dan berat badan
Batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu (dapat disertai dengan darah)
Terdapat rasa sakit pada dada atau punggung atas
Pada anak-anak seringkali dapat diraba di tepi kanan atau kirinya terdapat benjolan (pembengkakan kelenjar-kelenjar).
                Gejala khusus yang terlihat tergantung dari organ tubuh mana yang terkena, gejalanya adalah sebagai berikut:
·         Bila terjadi sumbatan sebagian bronkus akibat penekanan kelenjar getah bening yang membesar, akan menimbulkan suara “mengi”, suara nafas melemah yang disertai sesak.
·         Bila mengenai tulang, maka akan terjadi gejala seperti infeksi tulang yang pada suatu saat dapat membentuk saluran dan bermuara pada kulit di atasnya, pada muara ini akan keluar cairan nanah
·         Pada anak-anak dapat mengenai otak dan disebut sebagi meningitis (radang selaput otak), gejalanya demam tinggi, adanya penurunan kesadaran dan kejang-kejang.
                Pada pasien anak yang tidak menimbulkan gejala, TBC dapat terdeteksi kalau diketahui adanya kontak dengan pasien TBC dewasa. Kira-kira 30-50% anak yang kontak dengan penderita TBC paru dewasa memberikan hasil uji tuberkulin positif. Pada anak usia 3 bulan-5 tahun yang tinggal serumah dengan penderita TBC paru dewasa dengan BTA positif, dilaporkan 30% terinfeksi berdasarkan pemeriksaan serologi/darah.

b. Pencegahan
                Ada 2 macam cara pencegahan yaitu pencegahan primer dan pencegahan sekunder. Pencegahan primer merupakan upaya yang dilaksanakan untuk mencegah timbulnya penyakit pada populasi yang sehat. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan penyakit TBC, yaitu:
Imunisasi BCG (Bacillus Calmette Guerin) yang diberikan pada bayi usia 3-14 bulan. Imunisasi akan memberikan kekebalan aktif terhadap penyakit TBC
Melakukan pola hidup sehat
Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan hidup, rumah harus mendapat sinar matahari yang cukup dan udara segar masuk terutama ke dalam ruang tempat tidur, serta menjemur kasur, bantal, dan tempat tidur terutama pada pagi hari
Hindari terkena percikan batuk dari penderita TBC
Semua barang yang digunakan penderita harus terpisah begitu juga mencucinya dan tidak boleh digunakan oleh orang lain.
                Pencegahan sekunder adalah upaya untuk menemukan penyakit TBC sedini mungkin, mencegah meluasnya penyakit, serta mengurangi bertambah beratnya penyakit.

c. Penanggulangan
                apabila dicurigai seseorang tertular penyakit TBC, maka beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menegakkan diagnosis, adalah:
Pemeriksaan fisik
Pemeriksaan laboratorium (darah, dahak, cairan otak)
Pemeriksaan patologi anatomi (PA)
Rontgen dada (thorax photo)
Uji tuberkulin.
                Penderita TBC harus minum obat secara teratur dan rutin sesuai dengan dosis yang dianjurkan, serta mengkonsumsi makanan yang bergizi cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Penyakit ENDEMIK"

 
Copyright © 2015 NUANSA ILMU - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top