NUANSA ILMU

Situs yang bernuansa ilmu untuk semua informasi tentang pendidikan olahraga, kesehatan, sosial, bisnis, pariwisata, serta teknologi

Nuansa ilmu. Diberdayakan oleh Blogger.

ONE STOP INFO

Custom Search
TSabtu, Desember 12, 2015

Cara Aman Belanja Online

Nuansa Ilmu - Dimasa yang penuh Global ini sudah ngetrnd sekali yang namanya belanja online, walau kadang harga yang didapatkan jauh lebih mahal dari harga sesungguhnya di toko-toko
belanja online

dengan semakin mudahnya informasi yang masuk baik melalui sosial media atau web maupun blog-blog, orang akan dengan mudah menemukan alat atau bahan untuk di beli secara online,

Namun harus anda ketahui, tidak semua belanja online itu aman, di jaman sekarang ini banyak sekali modus penipuan yang berasal dari belanja online, untuk itu anda harus lebih cerdas lagi dalam menentukan tujuan belanja anda.


Dibawah ini ada beberapa kiat untuk aman dalam belanja online:

Cek keberadaan Situs si penjual

Mengenai toko online yang ada di Facebook yang biasanya mereka melakukan promosi dengan cara tagging foto kepada beberapa teman yang mereka miliki. Sebenarnya ini tidak masalah jika anda memang membutuhkan produk-produk yang mereka tawarkan. Namun ini dapat menjadi masalah ketika anda di tag berkali-kali dalam sehari, bisa-bisa wall anda seperti pasar. Dengan Catatan Tidak semua yang melakukan promosi seperti ini adalah scam atau penipuan.

Sediakan waktu luang untuk riset

Sebelum memutuskan membeli produk sebaiknya lakukan riset mendalam mengenai produk dan toko online tempat kita akan membelanjakan uang.

Kenali orang yang menjual/ Sipenjual
Usahakan setiap anda berbelanja Online, tanya dulu kepada orang yang pernah beli kepada dia. kalau anda sudah yahkin maka mulalilah bertransaksi.

Kenali sistem pembayarannya
Jangan Pernah Mengirim Uang Melewati Wire - Transfer – Services dan Jauhilah semua Transaksi yang dilakukan dengan Pengiriman Barang apabila hanya Scammer yang Garansi Transaksi anda.

Harap berhati-hati dalam setiap transaksi online, utamakan transaksi secara langsung (COD) jika memungkinkan dan Jika COD, periksa secara mendetil barang yang hendak dibeli, tanyakan kelebihan dan kekurangan dari barang tersebut, tanyakan juga bagaimana dengan layanan purna jual dan garansi (jika ada) serta Jika tidak memungkinkan untuk COD atau transaksi secara langsung, dapat meminta tolong teman yang satu kota dengan penjual namun Jika tidak dapat COD atau meminta bantuan teman, dapat menggunakan jasa sesama kaskuser yang membantu menjembatani penjual dan pembeli. Prosedurnya jika terjadi transaksi, pembeli antara penjual dan pembeli.

Bila Transaksi terjadi antara seller dan buyer berbeda kota maka harus disepakati oleh kedua belah pihak untuk menggunakan rekening bersama artinya pembeli mentransfer uangnya ke kaskuser pengelola rekening bersama setelah itu disepakati maka penjual mengirim barang ke pembeli sehingga ketika Barang sampai ke pembeli dan tidak ada masalah, uang akan ditransfer dari pengelola  rekening bersama kepada penjual. Hal ini berlaku juga sebaliknya jika terjadi masalah, misal barang tidak pernah sampai, maka uang akan dikembalikan ke pembeli.

Kiranya hal tersebut cukup untuk membuat anda lebih aman dalam bertransaksi Online
apabila ada yang kurang silahkan kirim atau tinggalkan pesan pada web kami
terimakasih

Baca juga



Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Aman Belanja Online"

 
Copyright © 2015 NUANSA ILMU - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top